Tahun pelajaran 2022/2023 di SMA Negeri 1 Petang yang di mulai dari titik perubahan kurikulum sesuai dengan surat keputusan Kemendikbudristek, bahwa K-13 berubah dalam pelaksanaan menjadi Implementasi Kurikulum Merdeka Berubah. Dalam Implementasi nya ini di mulai dari kelas X. Kurikulum Merdeka Berubah merupakan refleksi dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang berisikan konsep bahwa siswa berkemabang sesuai kodrat keadaan, yaitu kodrat jaman dan kodrat alam. Dalam kodrat jamannya siswa berpacu dengan kompotensi abad 21 yang berkaitan dengan teknologi dan digitalisasi. Bersamaan dengan hal tersebut sebagai pendidik tetap harus memfasilitasi perkembangan siswa dalam kodrat alamnya. Pada kodratnya ini budaya dan kearifaan serta kebiasaan adat budaya bangsa adalah mutlak menjadi dasar pembelajaran.
Kelas XI daan XII tetap dalak K 13 dengan konsep pembelajaran dan sesemen berpedoman pada Kurikulum Merdeka Berubah. SMA N 1 Petang menuju Profil Pelajar Pancasila menerapkan dimensi profil pembelajarannya pada Fase E, yaitu Bangun Jiwa Raganya dengan mengedepankan proses kesehatan jasmani, mental dan spiritual dengan pembelajaran pada olah raga, olah pikir pada konsep mejejaitan dan meulatan serta olah rasa pada tabuh dan tari. Dimensi lainnya adalah Hidup berkelanjutan dengan pengolahan sampah plastik menjadi sesuatu yang lebih bernafaat dan limbah organic menjadi pupuk cair dan padat. Sebagi pendukungnya adalah dimensi Kewirausahaan dengan mebentuk karakter sesuai potensi di SMA N 1 Petang sebagi wilayah pertanian adalah Bertani Vanili.
Pembelajaran tersebut berlangsung selama satu semester dan dengan berkahirnya semester ganjil yang diawali penilaian kognitif melalui exampatra, dilanjutkan dengan penilaian proses dan ketermapilan siswa melalui Panen P5 yang menampilkan hasil karya siswa selama satu semester dalam pembentuk karakter porfil pelajar Pancasila. Proses berkelanjutan dengan melakukan pembagian raport siswa melewati rapat wali dan dewan guru sebagai ruang untuk meng evaluasi dan refleksi pembelajaran maka dihasilkan sebuah umpan balik proses pembelajaran dengan pembelajaran berintegrasi. Tujuan dari pembelajaran berintegrasi adalah untuk mendapatkan kolaborasi pemahaman siswa tentang setiap pelajaran dapt menjadi satu kesatuan utuh melalui proses masa lampau, masa kini untuk pengetahuan masa depan.
Dalam pelaksanaan pembelajaran Berintegrasi dilakukan di museum Geopark Kintamani Bangli dengan alasan sebuah tempat yang dinilai representative untuk integrasi mapel guna memunculkan olah rasa, olah pikiran dan olah raga yang mampu menghasilkan budi pekerti dengan karya orisinil sesuai pedoman fasilitator dalam bentuk laporan maupun karya lainnya.
By. kurikulum