Visi dan Misi Sekolah

Visi dan Misi  SMA Negeri 1 Petang

A. Visi SMA Negeri 1 Petang

Visi yang dimiliki SMA Negeri 1 Petang diturunkan dari Tujuan Nasional Pendidikan di Indonesia yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 dan Visi Pemerintah Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru. Adapun visi SMA Negeri 1 Petang adalah sebagai berikut :

Spiritual, Kreatif, Berprestasi-Berbudaya

 

B. Misi SMA Negeri 1 Petang

Misi SMA Negeri 1 Petang ditetapkan sebagai representasi dari elemen  visi SMA Negeri 1 Petang dan elemen Profil Pelajar Pancasila. Elemen visi SMA Negeri 1 Petang tersebut  yaitu “Spiritual, Kreatif, Berprestasi-Berbudaya”. Tujuh misi SMA Negeri 1 Petang adalah sebagai berikut :

  1. Membangun kebiasaan tertib beribadah, kajian keagamaan rutin dan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Santun dan Sopan) pada

Representasi dari:

  • Visi “Spiritual”.
  • Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia”.
  1. Mengidentifikasi, mengembangkan, dan memfasilitasi pencapaian prestasi minat dan bakat pelajar.

Representasi dari:

  • Visi “Berprestasi”
  • Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”
  1. Mengembangkan rasa kepedulian, nasionalisme, patriotisme, dan bangga atas budaya lokal melalui aktivitas sosial, lingkungan, kebangsaan dan

Representasi dari:

  • Visi “Berbudaya”.
  • Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia” dan “Bergotong royong”.
  1. Membekali pelajar dengan pengalaman lintas budaya baik nasional maupun

Representasi dari:

  • Visi “Berbudaya”
  • Elemen Profil Pelajar Pancasila “Bekebhinekaan Global”
  1. Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dan membangun 6 kemampuan literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial) dengan berlandaskan prinsip kejujuran dan kemandirian dengan memperhatikan bakat dan minat pelajar.

Representasi dari:

  • Visi “Kreatif” dan “Berprestasi”
  • Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”, “Kreatif” dan “Bernalar Kritis”
  1. Memfasilitasi terlampauinya capaian kompetensi minimal tingkat SMA oleh peserta pelajar melalui pemantauan perkembangan belajar, identifikasi permasalahan belajar, perbaikan, pendampingan, pengembangan dan kerjasama dengan orang tua.

Representasi dari:

  • Visi “Kreatif- Berprestasi”
  • Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”
  1. Membimbing pelajar menghasilkan suatu karya ilmiah yang orisinil, dapat dipertanggungjawabkan dan tepat

Representasi dari:

  • Visi “Kreatif, Berprestasi” dan “Berbudaya”
  • Elemen Profil Pelajar Pancasila “Kreatif” dan “Bernalar kritis”

C. Tujuan SMA Negeri 1 Petang

Tujuan akhir yang diharapkan oleh SMA Negeri 1 Petang dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan misi sekolah ditetapkan dalam bentuk 3 bagian, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek.

  1. Tujuan Jangka Panjang
    1. Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar
    2. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
    3. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreativitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan
    4. Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).
  2. Tujuan Jangka Menengah
    1. Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar
    2. Menyusun beban belajar bagi pelajar yang manageable namun tetap berkualitas serta dengan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan Membekali pelajar dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.
    3. Membekali pelajar dengan penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).
    4. Memfasilitasi pelajar untuk dapat melampaui kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMA, baik akademik dan non
    5. Memfasilitasi pelajar untuk mampu menyusun karya tulis yang
    6. Memfasilitasi pelajar untuk mendapat keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan
  3. Tujuan Jangka Pendek
    1. Pembentukan karakter berdasar Profil Pelajar Pancasila
      1. Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada 100% mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan
      2. Melaksanakan 100% penilaian sikap berbasis Profil Pelajar
      3. Mendorong 100% pelajar mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
    2. Proses belajar yang manageable namun tetap berkualitas
      1. Mendorong agar tingkat keterlibatan pelajar dalam proses belajar mengajar mencapai minimal 100%.
      2. Mengelola proses belajar mengajar agar tingkat kepuasan pelajar mencapai minimal 90%.
    3. Keahlian Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis
      1. Mengintegrasikan project based learning pada 100% mata
      2. Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project based learning.Melaksanakan 100% proses penilaian yang mengandung minimal 25% soal bertipe
      3. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 70% soal bertipe HOTS dengan dengan
    4. Penguasaan 6 Literasi Dasar
      1. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 100% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 1 dengan benar.
      2. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 80% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 2 dengan benar.
      3. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 60% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 3 dengan benar.
    5. Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Minimal Tingkat SMA
      1. Memfasilitasi 100% pelajar untuk mampu mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran minimal 70 pada aspek pengetahuan dan
      2. Menangani 100% pelajar yang mengalami permasalahan pembelajaran agar dapat
    6. Karya Tulis yang Orisinal
      1. Membekali 100% pelajar dengan pengetahuan tata cara penulisan karya ilmiah melalui proyek Profil Pelajar
      2. Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 karya tulis ilmiah sesuai dengan minatnya.
    7. Keahlian Kecakapan Hidup dan Berprestasi Sesuai Bakat dan Minat
      1. Mendorong 100% pelajar memilih kelas peminatan berdasar bakat dan
      2. Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya.
      3. Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 program life skill

sesuai bakat dan minatnya.

  1. Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 lomba/kompetisi akademik dan non akademik per tahun atau minimal 1 kali program magang sesuai bakat dan minatnya.
  2. Melaksanakan Pembinaan KSN, Pembinaan KIR, Pembinaan debat Bahasa (Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Bali), Bimtek OSIS, Pembinaan kegiatan akademik dan non akademik dengan target
Bagikan info ini keteman anda