Sebanyak 14 Siswa SMA Negeri 1 Petang Lulus SNBP Tahun 2024

Pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 diumumkan hari, Selasa 26 Maret 2024 pukul 15.00 WIB atau 16.00 Wita. Sebanyak 14 siswa SMA Negeri 1 Petang lulus SNBP. Ini merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya berhasil lulus tiga siswa saja.

Salah satu siswa yang lulus SNBP, Ni Ketut Lilis Martini, mengaku senang dengan hasil tersebut. “(Saya) bahagia dan bersyukur bisa dikasi kesempatan untuk mengikuti SNBP dan lulus,” kata siswa XII IPS 3 ini. Ia lulus di Jurusan D4 Managemen Bisnis Internasional di Politeknik Negeri Bali. “Jurusan ini memang saya inginkan. Jurusan manajemen bisnis dibilang susah ya susah, tetapi keinginan saya untuk belajar dan meraih cita-cita saya apapun itu saya bakalan ngelakuin yang terbaik,” jelasnya.

Hal serupa juga diungkapkan I Putu Sivta Gunawan. Sivta lulus di Jurusan S1 Pendidikan Bahasa Bali, Undiksha Singaraja. “Saya senang dan bangga sekali kepada diri saya sendiri, apalagi jalur SNBP ini tidak semua siswa bisa mengikutinya. Dari sekian siswa eligibel pun tidak semuanya bisa lulus, itulah yang membuat saya senang dan bangga pada diri saya sendiri,” jelas siswa asal Gunung Kangin Baturiti ini.

Ia menjelaskan usaha yang dilakukan selama tiga tahun tak sia-sia. Siswa XII MIPA 4 ini sangat aktif dalam berbagai kegiatan mulai dari mengikuti berbagai lomba seperti lomba debat Bahasa Bali, lomba utsawa, Porsenijar, dan sempat ikut serta sebagai Paskibraka Badung tahun 2022. “Sertifikat dari lomba itu bisa saya gunakan di SNBP ini, baik itu lomba di sekolah maupun di luar sekolah,” kata Sivta.

Jurusan Bahasa Bali ia pilih karena sejalan dengan hobi. “Alasan saya memilih jurusan ini agar nantinya saya bisa mendidik anak-anak bangsa khususnya di Bali agar tetap melestarikan bahasa ibu yaitu Bahasa Bali.

Dikutip dari laman resmi Kemdikbud, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik. Prestasi ini dilihat dari hasil rapor serta portofolio akademik dan non akademik siswa. aHal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Bagikan info ini keteman anda