Kegiatan Napak Tilas Puputan MargaranaSMA Negeri 1 Petang tahun 2023

Puputan Margarana terjadi pada tanggal 20 November 1946 di desa Kelaci dusun Marga ketika I Gusti Ngurah Rai memerintahkan pasukan Ciung Wanara yang dipimpinnya untuk brjuang sampai titik darah penghabisan. I Gusti Ngurah Rai merupakan pucuk pimpinan tertinggi dalam perjuangan melawan pasukan Belanda/NICA yang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang. I Gusti Ngurah Rai sangat berperan dalam merencanakan dan mengatur serangan, gagasan dalam perjuangan Ngurah Rai juga sangat berguna bagi perjuangan di Bali, seperti keberangkatannya ke Pulau Jawa untuk mencari bantuan persenjataan dan personil dari Jawa dan perjalanan ke Gunung Agung sambil bertempur melawan NICA. Hubungan dengan pulau Jawa menjadikan para pemimpin di Pusat RI mengetahui situasi perjuangan di Bali dan kemudian memberi arahan dan bantuan baik senjata meskipun jumlahnya sedikit maupun personil. Namun pada akhirnya I Gusti Ngurah Rai gugur beserta seluruh pasukannya dalam Puputan Margarana.

Untuk mengenang jasa para pahlawan nasional terutama yang gugur pada pertempuran puputan margarana, pemerintah provinsi bali dan jajaran mengajak seluruh generasi muda terutama SMA dan SMK seprovinsi Bali untuk melaksanakan kegiatan napak tilas puputan margarana. Salah satu dari peserta napak tilas adalah SMA Negeri 1 Petang yang di lakukan pada tanggal 20 November 2023 di mana sebelum kegiatan di lakukan perlu persiapan peserta yang terdiri dari 21 siswa. Setiap hari mulai dari tanggal Rabu, 01 sampai16 November 2023 para siswa – siswi yang terpilih di berikan Latihan LKBB , triatrikal dan yel yel semangat kebangsaan.selanjutnya pada tanggal 18 Novembel 2023 sebelum berangkat melakukan persembahyangan Bersama di padma sana SMA Negeri ! Petang. Setelah selesai sembahyang seluruh team berangkat pada jam 05. 30 wita menuju Puspem Badung. Setelah sampai di Puspem Badung jam 06.30 Wita Para team napak tilas SMA Negeri 1 Petang melakukan persiapan mengikuti sesi teriatrikal. 

Dalam sesi triatrikal tersebut seluruh team menjadi satu dalam atraksi tereatrikal. Setelah selesai treatrikal team SMA Neeri 1 Petang beserta peserta yang lain menggikuti upacara penyambutan Pataka I Gusti Ngurah Rai.setelah selesai Team SMA Negeri 1 Petang melanjutkan napak tilas menuju Tugu Pahlawan Blumbungan dengan kegiatan upacara dan tabur bunga. Tujuan terakhir adalah puri carangsari, setelah kegiatan selesai di tugu pahlawan blumbungan team SMA Negeri 1 Petang melanjutkan napak tilas menuju puri carangsari. Diterik matahari dan pekikan yel yel dari semua peserta, team SMA Negeri 1 Petang melaksanakan upacara penyerahan Pataka I Gusti Ngurah Rai dari Pemda Badung Ke Puri Carangsari yang di laksanakan di lapangan Pura desa puri carangsari.kegiatan terakhir serasehan serta pembagian juara napak tilas yang di laksanakan Puri Carangsari. Team SMA Negeri 1 Petang memperoleh harapan tiga dalam kegiatan napak tilas kabupaten Badung.

Bagikan info ini keteman anda