Siswa SMA Negeri 1 Petang Raih Bronze Medal di YNSF 2023

Foto bersama WAKASEK dan Pembina Lomba

Siswa SMA Negeri 1 Petang meraih bronze medal pada ajang YNSF (Youth National Science Fair) 2023 yang diselenggarakan IYSA kategori life science. Tim yang terdiri atas Ni Kadek Sherly Angelika Putri (XI MIPA 2), Ni Komang Suci Astuti Parayani (XI MIPA 2), Andira Kasih Maharan (XI MIPA 2), IGA Istri Bintang Saraswati (X7), dan Ni Kadek Mirah Jundarini Mas (X7) ini meneliti nanas dan cinnamon sebagai obat sembelit. Tim yang diketuai oleh Sherly ini mengikuti kompetisi secara online.

Ajang sains yang dilaksanakan Indonesian Young Scientist Association (IYSA) ini berlangsung pada 8-12 Maret 2023 di Universitas PGRI Mahadewa Denpasar secara hybrid. IYSA adalah lembaga yang bergerak dalam pengembangan potensi, bakat, dan kreativitas mahasiswa Indonesia dengan memberikan kesempatan untuk mengikuti kompetisi ilmiah dan non kompetitif serta kegiatan di dalam dan luar negeri. IYSA tahun ini menggelar Youth Internasional Science Fair (YISF) yang merupakan ajang tingkat internasional.dan Youth National Science Fair (YNSF) merupakan ajang tingkat nasional. Total 421 peserta dari 30 negara yang terbagi menjadi 71 tim yang mengikuti event YNSF (11 tim mengikuti kompetisi offline dan 60 tim mengikuti kompetisi online) dan 350 tim mengikuti kompetisi YISF (73 tim mengikuti kompetisi offline dan 277 tim mengikuti kompetisi online).

Ekspresi saat akan presentasi

Tim yang mengikuti YNSF ini adalah tim dadakan, sempat berganti anggota karena harus mengikuti porsenijar. “Ini diluar ekspektasi kami. Bangga bisa memberikan hasil terbaik bagi sekolah tercinta,” jelas Bintang Saraswati dengan semangat. “Meski dari segi waktu cukup mepet, kami tetap berusaha semaksimal mungkin,” lanjut siswi yang akrab disapa Gung Bintang ini.

Penelitian dengan judul infused water with ananas comosus and cinnamomum verum for constipation reliever berawal dari sosial media. “Awalnya kami terinspirasi dengan minuman infuse water yang sedang tren. Setelah beberapa kali mencoba berbagai bahan, akhirnya ketemu nanas dan cinnamon ini,” jelas Sherly, ketua tim.

“Kami cobakan infuse water ini dikonsumsi Gung Bintang, selama satu minggu. Ternyata hasilnya bagus yaitu memperlancar BAB,” tambahnya. Dipilihnya nanas sebagai bahan utama selain karena mudah didapat, mereka ingin membuktikan bahwa nanas ternyata tidak hanya dimanfaatkan sebagai rujak dan jus saja.

Prestasi ini menambah deretan prestasi di bidang riset yang diraih oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Petang.

Bagikan info ini keteman anda