ANBK SMAN 1 Petang tahun 2022

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah yang bertujuan sebagai pemetaan mutu sistem pendidikan pada sekolah/madrasah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur ANBK, antara lain: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Tujuan Asesmen Nasional antara lain:

  1. Literasi membaca dan numerisasi adalah dia kompetensi minimum bagi murid untuk bisa belajar sepanjang hayat dan berkontribusi pada masyarakat.
  2. Meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.
  3. Mengembangkan potensi murid secara utuh.
  4. Asesmen nasional mendorong mengembangkan sikap, nilai (values), dan perilaku yang mencirikan Pelajar Pancasila.Hasil Asesmen Nasional perlu digunakan untuk diagnosis masalah dan perencanaan perbaikan pembelajaran oleh guru, kepala sekolah, dan dinas pendidikan.

Penggunaan Hasil Asesmen Nasional

  1. Pemetaan mutu sistem pendidikan
  2. Hasil Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menilai prestasi peserta didik ataupun kinerja guru dan sekolah.
  3. Laporan hasil Asesmen Nasional diberikan kepada guru dan sekolah sebagai alat untuk melakukan evaluasi diri dan perbaikan pembelajaran.
  4. Murid, orangtua, guru dan sekolah tidak perlu cemas dan tidak perlu melakukan persiapan khusus untuk menghadapi Asesmen Nasional.
  5. Ujian Penyetaraan
  6. Khusus untuk program pendidikan kesetaraan, Asesmen Nasional memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat pemetaan mutu dan ujian penyetaraan hasil belajar bagi peserta didik yang memerluka
  7. Yang digunakan sebagai ujian penyetaraan adalah ANBK Literasi dan ANBK Numerasi.

Pelaksanaan Asesmen Nasional

Pelaksanaan Asesmen Nasional dikoordinasi oleh Kemendikbud bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kanwil dan Kantor Kemenag.

  1. Berbasis komputer dan daring
  2. Asesmen Nasional dilaksanakan menggunakan komputer dan secara daring
  3. Murid mengerjakan pada sesi dengan jadwal yang ditentukan dan dengan diawasi
  4. Guru dan kepala satuan pendidikan mengerjakan survei secara mandiri dengan periode waktu yang cukup panjang.
  5. Koordinasi yang diperlukan
  6. Pemetaan dan penyiapan komputer dan sarana pendukung.
  7. Pemetaaan sekolah secara spasial untuk sharing resources
  8. Penyiapan teknisi TIK terutama untuk jenjang SD

Bentuk Pelaksanaan Asesmen

Ada dua bentuk ANBK yang dilaksanakan,

  1. ANBK Nasional
  2. Berfungsi untuk mengevaluasi kualitas sistem pendidikan.
  3. Sampel peserta didik kelas 5, 8, dan 11 ditentukan oleh kemdikbud.
  4. Pelaksanaan terstandar oleh pusat.

 Pelaksanaan ANBK di SMA Negeri 1 Petang dilaksanakan secara bertahap mulai dari persiapan ruang lab dengan perangkatnya di bulan Juli, yang dilanjutkan dengan simulasi di bulan Agustus. Peserta ANBK adalah kelas XI sebanyak 50 orang terdata dari Kemdikbud. Setelah sesi simulasi dilanjutkan dengan kegiatan pengisiaan survey lingkungan oleh Pendidik, Komite dan orang tua siswa.

Pelaksanaan ANBK di SMA pada tanggal 31 Agustus menggunakan 2 ruang Lab, dengan materi tes literasi dan survey karakter. Sesi ke dua pada tanggal 1 September dengan materi tes numerasi dan survey lingkungan belajar. Pelaksanaan ANBK di damping proctor dan teknisi yang diawasi secara silang dari SMA N 1 Abiansemal dan SMA Green School. ANBK di SMA  N 1 Petang tahun 2022 diambil dari pembiayaan yang dirancang pada RKA dengan sumber dari BOSNAS.

Galeri Foto

Bagikan info ini keteman anda