Visi dan Misi Sekolah

Visi SMA Negeri 1 Petang

Visi yang dimiliki SMA Negeri 1 Petang diturunkan dari Tujuan Nasional Pendidikan di Indonesia yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 dan Visi Pemerintah Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru. Adapun visi SMA Negeri 1 Petang adalah sebagai berikut :

Spiritual, Disiplin, Unggul dan Berbudaya

 

Misi SMA Negeri 1 Petang

Misi SMA Negeri 1 Petang ditetapkan sebagai representasi dari elemen  visi SMA Negeri 1 Petang dan elemen Profil Pelajar Pancasila. Elemen visi SMA Negeri 1 Petang tersebut  yaitu “Spiritual, Disiplin, Unggul dan Berbudaya”. Tujuh misi SMA Negeri 1 Petang adalah sebagai berikut :

  1. Membangun kebiasaan tertib beribadah dan melaksanakan persembahyanagan, kajian keagamaan rutin dan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Santun dan Sopan) pada pelajar. Representasi dari: Visi “Spiritual” Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia”.
  2. Menumbuhkan sikap dan perilaku positif siswa, pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah. Representasi dari Visi “Disiplin” Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”.
  3. Mengidentifikasi, mengembangkan, dan memfasilitasi pencapaian prestasi akademik dan non akademik siswa. Representasi dari: Visi “Unggul” Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri, kreatif, bernalar kritis,”
  4. Mengembangkan rasa kepedulian, nasionalisme, patriotisme, dan bangga  atas budaya lokal melalui aktivitas sosial, lingkungan, kebangsaan dan eksplorasi. Representasi dari: Visi “Berbudaya”. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia” dan “Bergotong royong, Berkebhinnekaan Global”.
  5. Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dan membangun 6 kemampuan literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial) dengan berlandaskan prinsip kejujuran dan kemandirian dengan memperhatikan bakat dan minat pelajar. Representasi dari: Visi “Disiplin-Unggul” Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”, “Kreatif” dan “Bernalar  Kritis”
  6. Memfasilitasi terlampauinya capaian kompetensi minimal tingkat SMA oleh peserta pelajar melalui pemantauan perkembangan belajar, identifikasi permasalahan belajar, perbaikan, pendampingan, pengembangan dan kerjasama dengan orang tua. Representasi dari: Visi “Unggul-Disiplin” Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”.
  7. Membimbing pelajar menghasilkan suatu karya ilmiah yang orisinil, dapat dipertanggungjawabkan dan tepat guna. Representasi dari: Visi “Disiplin, Unggul” dan “Berbudaya” Elemen Profil Pelajar Pancasila “Kreatif” dan “Bernalar kritis”
Bagikan info ini keteman anda