SMAN 1 Petang Ngayah Mareresik di Pura Puseh Petang

Siswa dan guru SMA Negeri 1 Petang melakukan kegiatan mareresik di Pura Puseh Petang pada Rabu (13/12). Kegiatan ini dilakukan menjelang rerahinan Saraswati pada Sabtu, Saniscara Umanis Wuku Watugunung. Semua siswa dan guru membawa alat kebersihan seperti sapu dan sabit.

Kegiatan mareresik dimulai pukul 08.00 WITA. Para siswa dan guru bersama-sama berjalan menuju lokasi yaitu Pura Puseh Petang. Jarak sekolah dengan pura hanya sekitar 10 menit. Sampai di pura, seluruh siswa dan guru langsung melakukan kegiatan kebersihan di seluruh area pura.

            Kegiatan mareresik seperti ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada peserta didik dalam implementasi konsep Tri Hita Karana. Tri Hita Karana merupakan konsep atau ajaran dalam agama Hindu yang selalu menitikberatkan bagaimana antara sesama bisa hidup berdampingan, saling bertegur sapa satu dengan yang lain, tidak ada riak-riak kebencian, penuh toleransi dan penuh rasa damai. Selain itu, kegiatan mareresik menjadi salah satu implementasi pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh warga SMA Negeri 1 Petang.

 



Bagikan info ini keteman anda